Saturday, November 13, 2010

Untung-Rugi Membuka Rekening Tabungan Cimb Niaga Air Asia Savers

19 comments
Kalau sebelumnya pernah saya bahas tentang syarat, ketentuan dan fasilitas yang didapat dari Tabungan CIMB Niaga Air Asia Savers, (artikel copy paste dari berbagai sumber), kali ini akan saya paparkan untuk anda yang sedang mencari informasi CIMB Niaga Air Asia Savers mengenai plus minus dari produk yang katanya diperuntukkan bagi travellers ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Saya membuka tabungan ini sekitar pertengahan bulan Oktober 2010 di Bank CIMB Niaga cabang Lembong, Bandung setelah membaca iklan promosi CIMB Niaga Air Asia Savers yang terpampang di halaman login CIMB Clicks (internet banking nya CIMB Niaga) untuk masuk melihat transaksi pada rekening CIMB Niaga Syariah dan rekening Yunior (dulu Lippo Yunior). Produk ini menarik bagi saya karena kebetulan saya suka bepergian, dengan harapan setelah membuka rekening ini akan lebih mempermudah dalam pemesanan tiket online pesawat Air Asia, dan tentunya lebih murah, atau bahkan sampai gratis (seperti yang termuat dalam promonya). Dan setelah satu setengah bulan mengulik segala fitur yang ada pada tabungan ini, saya bisa membuat daftar beberapa fakta tentang tabungan CIMB Niaga Air Asia Savers. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka tabungan Air Asia Savers. Cekidot gan..
  • Bahwa CIMB Niaga Air Asia Savers adalah produk baru yang namanya kurang sesuai dengan fitur yang diberikan. Buktinya memang tidak ada fitur yang menunjang user untuk bepergian menggunakan pesawat Air Asia, bahkan pemesanan tiket online pun tidak bisa dilakukan, tidak ada menu khusus pengisian form cara pembayaran untuk nasabah tabungan ini pada reservasi tiket online Air Asia (hanya tersedia KlikBCA), nomor kartu debitnya juga ditolak. Kemudian saya tanyakan ke CS diterusakan kepada Manager Produk katanya memang belum bisa. Padahal seharusnya fasilitas booking tiket online inilah yang menjadi fitur utama sebuah produk kerjasama antara bank dengan maskapai penerbangan (saat ini CIMB Niaga dapat melakukan pembayaran tiket online dengan Garuda Indonesia, Mandala Airlines dan Lion Air).
  • Kurangnya penjelasan produk Air Asia Savers ini kepada customer service (CS). Saya maklumi produk ini masih baru dan promonya tidak gencar. Namun kalau CS saja tidak paham tentang produk bank nya sendiri, lalu kemana nasabah bisa bertanya dan menemukan jawabnya? Saya sendiri sudah bertanya ke 4 kantor cabang di Bandung tentang detil produk ini, tidak satu pun memberi jawaban memuaskan, bahkan CS di kantor cabang CIMB Niaga terbesar di Jl. Gatot Subroto Bandung baru membuka-buka copyan penjelasan produk ketika saya bertanya. Tampak sekali kalau dia blank tentang produk ini.
  • Mekanisme bonus E-Voucher 50.000 kepada nasabah kurang jelas. Lagi-lagi CS tidak bisa menjelaskan tentang keterlambatan pengiriman voucher, dsb. Namun dengan berbagai upaya akhirnya dapat juga e-vouchernya.
  • Tidak ada Buku Tabungan pada produk ini. Untuk yang satu ini saya setuju, karena keberadaan ATM dan internet banking sebagai sarana bertransaksi sudah lebih dari cukup.
  • Fitur yang ada pada tabungan dan kartu debit Air Asia Savers identik dengan fitur tabungan X-tra, termasuk perhitungan bunga. Bedanya hanya pada saldo minimum (tabungan X-tra 50.000 ribu lebih rendah) dan biaya administrasi bulanan (Air Asia Savers bebas biaya, X-tra dikenakan 7000 per bulan)
  • Promo Monthly Bonus yang cukup mengguirkan, tentunya jika mekanismenya tidak berbelit. Nasabah berkesempatan meraih 100 E-Voucher setiap bulan @ Rp 100.000,untuk 100 nasabah pertama dengan ketentuan Nasabah dengan Saldo Rata-rata bulan sebelumnya minimal Rp 10.000.000,- akan memperoleh 1 (satu) Poin Bonus untuk mengikuti Program Bonus (berlaku kelipatan).
Itulah beberapa poin yang saya dapatkan dari hasil riset tentang produk CIMB Niaga Air Asia Savers. Kesimpulannya adalah produk ini cocok bagi anda yang belum punya rekening di CIMB Niaga, dan jika saja anda termasuk orang pertama yang melakukan first login pada CIMB Clicks dan mendapatkan voucher 50.000, maka tepat bagi untuk tidak lebih memilih CIMB Niaga Tabungan X-tra. Satu kesalahan fatal, yaitu tidak adanya reservasi online tiket Air Asia. 

Berhubung saya akan berlibur ke Singapura dan Malaysia (meskipun tidak menggunakan Air Asia) Januari tahun depan dan produk CIMB saya sebelumnya adalah CIMB Niaga Syariah (tidak bisa digunakan pada ATM CIMB Group di luar negeri), maka kekecewaan yang sempat menghampiri beberapa hari setelah membuka tabungan ini cukup terobati karena kartu debit CIMB Niaga Air Asia Savers ini ternyata bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM CIMB Group di luar negeri tanpa biaya sepeserpun. 
Informasi lengkap tentang produk tabungan CIMB Niaga Air Asia Savers klik disini

Semoga bermanfaat.
Selamat bekerja.


UPDATE : Saat ini  para nasabah CIMB Niaga AirAsia Savers dan nasabah CIMB Niaga pada jenis rekening yang lain dapat melakukan booking tiket penerbangan AirAsia secara online melalui fasilitas Direct Debit yang sudah terintegrasi dengan internet banking CIMB Niaga, CIMBClicks. Caranya? Klik Disini.

19 comments:

Post a Comment