Saturday, November 13, 2010

Untung-Rugi Membuka Rekening Tabungan Cimb Niaga Air Asia Savers

17 comments
Kalau sebelumnya pernah saya bahas tentang syarat, ketentuan dan fasilitas yang didapat dari Tabungan CIMB Niaga Air Asia Savers, (artikel copy paste dari berbagai sumber), kali ini akan saya paparkan untuk anda yang sedang mencari informasi CIMB Niaga Air Asia Savers mengenai plus minus dari produk yang katanya diperuntukkan bagi travellers ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Saya membuka tabungan ini sekitar pertengahan bulan Oktober 2010 di Bank CIMB Niaga cabang Lembong, Bandung setelah membaca iklan promosi CIMB Niaga Air Asia Savers yang terpampang di halaman login CIMB Clicks (internet banking nya CIMB Niaga) untuk masuk melihat transaksi pada rekening CIMB Niaga Syariah dan rekening Yunior (dulu Lippo Yunior). Produk ini menarik bagi saya karena kebetulan saya suka bepergian, dengan harapan setelah membuka rekening ini akan lebih mempermudah dalam pemesanan tiket online pesawat Air Asia, dan tentunya lebih murah, atau bahkan sampai gratis (seperti yang termuat dalam promonya). Dan setelah satu setengah bulan mengulik segala fitur yang ada pada tabungan ini, saya bisa membuat daftar beberapa fakta tentang tabungan CIMB Niaga Air Asia Savers. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka tabungan Air Asia Savers. Cekidot gan..
  • Bahwa CIMB Niaga Air Asia Savers adalah produk baru yang namanya kurang sesuai dengan fitur yang diberikan. Buktinya memang tidak ada fitur yang menunjang user untuk bepergian menggunakan pesawat Air Asia, bahkan pemesanan tiket online pun tidak bisa dilakukan, tidak ada menu khusus pengisian form cara pembayaran untuk nasabah tabungan ini pada reservasi tiket online Air Asia (hanya tersedia KlikBCA), nomor kartu debitnya juga ditolak. Kemudian saya tanyakan ke CS diterusakan kepada Manager Produk katanya memang belum bisa. Padahal seharusnya fasilitas booking tiket online inilah yang menjadi fitur utama sebuah produk kerjasama antara bank dengan maskapai penerbangan (saat ini CIMB Niaga dapat melakukan pembayaran tiket online dengan Garuda Indonesia, Mandala Airlines dan Lion Air).
  • Kurangnya penjelasan produk Air Asia Savers ini kepada customer service (CS). Saya maklumi produk ini masih baru dan promonya tidak gencar. Namun kalau CS saja tidak paham tentang produk bank nya sendiri, lalu kemana nasabah bisa bertanya dan menemukan jawabnya? Saya sendiri sudah bertanya ke 4 kantor cabang di Bandung tentang detil produk ini, tidak satu pun memberi jawaban memuaskan, bahkan CS di kantor cabang CIMB Niaga terbesar di Jl. Gatot Subroto Bandung baru membuka-buka copyan penjelasan produk ketika saya bertanya. Tampak sekali kalau dia blank tentang produk ini.
  • Mekanisme bonus E-Voucher 50.000 kepada nasabah kurang jelas. Lagi-lagi CS tidak bisa menjelaskan tentang keterlambatan pengiriman voucher, dsb. Namun dengan berbagai upaya akhirnya dapat juga e-vouchernya.
  • Tidak ada Buku Tabungan pada produk ini. Untuk yang satu ini saya setuju, karena keberadaan ATM dan internet banking sebagai sarana bertransaksi sudah lebih dari cukup.
  • Fitur yang ada pada tabungan dan kartu debit Air Asia Savers identik dengan fitur tabungan X-tra, termasuk perhitungan bunga. Bedanya hanya pada saldo minimum (tabungan X-tra 50.000 ribu lebih rendah) dan biaya administrasi bulanan (Air Asia Savers bebas biaya, X-tra dikenakan 7000 per bulan)
  • Promo Monthly Bonus yang cukup mengguirkan, tentunya jika mekanismenya tidak berbelit. Nasabah berkesempatan meraih 100 E-Voucher setiap bulan @ Rp 100.000,untuk 100 nasabah pertama dengan ketentuan Nasabah dengan Saldo Rata-rata bulan sebelumnya minimal Rp 10.000.000,- akan memperoleh 1 (satu) Poin Bonus untuk mengikuti Program Bonus (berlaku kelipatan).
Itulah beberapa poin yang saya dapatkan dari hasil riset tentang produk CIMB Niaga Air Asia Savers. Kesimpulannya adalah produk ini cocok bagi anda yang belum punya rekening di CIMB Niaga, dan jika saja anda termasuk orang pertama yang melakukan first login pada CIMB Clicks dan mendapatkan voucher 50.000, maka tepat bagi untuk tidak lebih memilih CIMB Niaga Tabungan X-tra. Satu kesalahan fatal, yaitu tidak adanya reservasi online tiket Air Asia. 

Berhubung saya akan berlibur ke Singapura dan Malaysia (meskipun tidak menggunakan Air Asia) Januari tahun depan dan produk CIMB saya sebelumnya adalah CIMB Niaga Syariah (tidak bisa digunakan pada ATM CIMB Group di luar negeri), maka kekecewaan yang sempat menghampiri beberapa hari setelah membuka tabungan ini cukup terobati karena kartu debit CIMB Niaga Air Asia Savers ini ternyata bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM CIMB Group di luar negeri tanpa biaya sepeserpun. 
Informasi lengkap tentang produk tabungan CIMB Niaga Air Asia Savers klik disini

Semoga bermanfaat.
Selamat bekerja.


UPDATE : Saat ini  para nasabah CIMB Niaga AirAsia Savers dan nasabah CIMB Niaga pada jenis rekening yang lain dapat melakukan booking tiket penerbangan AirAsia secara online melalui fasilitas Direct Debit yang sudah terintegrasi dengan internet banking CIMB Niaga, CIMBClicks. Caranya? Klik Disini.

17 comments:

  • December 10, 2010 at 2:09 PM
    Anonymous :

    tidak ada menu khusus pengisian form cara pembayaran untuk nasabah tabungan ini pada reservasi tiket online Air Asia (hanya tersedia KlikBCA) =>> itu kalo anda reservasi airasia untuk penerbangan indonesia atau dari indonesia. CIMB airasia hanya untuk reservasi tiket yang penerbangannya dari Malaysia saja.
    silahkan andak cek sendiri, pilih rute malaysia, contohnya KL-jkt

  • December 12, 2010 at 3:54 PM

    barusan saya cek dan memang benar CIMB Cliks tersedia jika kita memilih penerbangan dari Malaysia. Tapi ini CIMB Cliks Malaysia, bukan Indonesia, username kita di cimbclicks.co.id pun tidak bisa digunakan.

    Dan satu lagi, CIMB Niaga Air Asia Savers ini adalah produk CIMB Indonesia, jadi apapun fitur yang diberikan CIMBcliks.my tidak ada hubungannya dengan produk ini.

  • May 12, 2011 at 12:56 AM

    Mo nanya, aq dr travel agent tp seperti pd umumx travel agent ga jual AirAsia (AA). Nah, kadang ada tamu/langganan rutin ngotot minta dibantu beli KUL-CGK ato KUL-HKG misalx. Lalu aq book online, diminta bayar MYR XXX (Malaysian Ringgit) pake CIMB Clicks. Pertanyaan aq: Bisa ga kalo aq buka di CIMB NIAGA, trus aq pake CIMB Clicks untuk bayar bookingan yg berangkat dari KUL itu. Soalx dari posting #2 admin kayax ga bisa: "barusan saya cek dan memang benar CIMB Cliks tersedia jika kita memilih penerbangan dari Malaysia. Tapi ini CIMB Cliks Malaysia, bukan Indonesia, username kita di cimbclicks.co.id pun tidak bisa digunakan." Tolong jelasin gimana, kalo ga bisa, batal deh rencana buka rekening di CIMB NIAGA.

  • May 12, 2011 at 8:32 AM

    sekarang dengan cimbclicks rek. Air Asia Savers sudah bisa melakukan booking online, namun hanya pada keberangkatan dari Indonesia, berlaku juga untuk pemesanan tiket pulang pergi penerbangan internasional.
    Utuk keberangkatan dari luar negeri memang belum bisa, saya sarankan untuk membuka rek. CIMB Niaga Air Asia Savers dan mengajukan aplikasi kartu kredit Mastercard (gratis dan free annual fee seumur hidup)
    Selanjutnya cc itu bisa digunakan untuk booking tiket untuk keberangkatan dari kota manapun di seluruh dunia.
    Smoga informasi ini bermanfaat.

  • August 28, 2011 at 2:32 AM
    Anonymous :

    produk CIMB saya sebelumnya adalah CIMB Niaga Syariah (tidak bisa digunakan pada ATM CIMB Group di luar negeri), maka kekecewaan yang sempat menghampiri beberapa hari setelah membuka tabungan ini cukup terobati karena kartu debit CIMB Niaga Air Asia Savers ini ternyata bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM CIMB Group di luar negeri tanpa biaya sepeserpun.

    >>benarkah cimb niaga syariah tidak bs digunakan di atm cimb luar negeri? kebetulan saya pake ini dan mau ke thailand-malaysia, waktu buka rekening kata CS-nya bisa... waktu itu saya bingung pilih air-asia saver ato syariah...sama2 bebas administrasinya....

  • September 11, 2011 at 10:36 AM
    pritaa :

    saya mau tanya,, saya punya cimb niaga syariah dan sudah saya daftarkan cimb clicks jugaa,, lalu skrg saya akan booking online airasia,,yang mana pada saat pembayaran ada pilihan dengan klikBCA atau cimb clicks,, pertanyaan saya bisakah saya membayarnya dengan cimb clicks saya tanpa saya punya tabungan airasia saver ituu,,

  • November 10, 2011 at 6:55 AM

    @muktionline : Mungkin sekarang CIMB Niaga Syariah sudah bisa digunakan di luar negeri (hanya negara dimana CIMB Bank beroperasi). Pada saat artikel ini dibuat memang fasilitas itu belum ada.

    @pritaa : Bisa, tanpa punya rekening Air Asia Savers pun sekarang semua nasabah CIMB Niaga yang telah mengaktifkan fitur CIMB Clicks dapat melakukan pembelian tiket online AirAsia.

  • November 18, 2011 at 2:08 PM

    mau tanya,,,sya mau buka rekening CIMB airasia savers,,,tp msh sgt bingung,,apakah tiket berangkat dari sgpore-luala lumpur bisa dibeli online dgn CIMB airasia savers.co.id ??
    Tolong infonya...
    Trimakasih...

  • November 18, 2011 at 10:01 PM

    @arie : Tidak bisa. Saat ini CIMB Clicks dari CIMB Niaga bisa digunakan dalam pembelian tiket penerbangan Air Asia hanya untuk keberangkatan dari Indonesia ke luar negeri dan penerbangan domestik tentunya. Untuk rute SIN-KL tetap akan muncul CIMB Clicks dalam opsi pembayaran, tapi hanya berlaku untuk account cimbclicks.com.my (CIMB Malaysia), bukan cimbclicks.co.id (CIMB Niaga Indonesia).

  • March 3, 2012 at 7:16 AM
    Anonymous :

    saya menggunakan cimb-niaga airasia savers dan bisa booking online kok. coba dicek lagi saja,

  • April 4, 2012 at 12:22 PM

    mau tanya mas kalau katu debet Cimb Niaga Air Asia Savers itu kalau tarik tunai di jaringan ATM CIMB malaysia, singapura itu gratis ya ? kalau kartu debet CIMB niaga yang biasa bebas biaya tarik ga di atm CIMB di luar negri ?

  • April 12, 2012 at 7:57 AM
    Anonymous :

    bolehkan beli tiket AA menggunakan cc cimb orang malaysia sedangkan alamat kontak dari indonesia ? apakah tidak bermasalah di bandara nantinya?

  • June 11, 2012 at 12:49 PM

    @Anonymous : sekarang memang sudah bisa booking online.

    @BlogXtrio : pernah saya tanyakan ke CS CIMB Niaga, mereka bilang gratis biaya di seluruh jaringan CIMB Group, termasuk di Malaysia dan Singapura.

    @Anonymous : boleh, asalkan pemilik kartu kredit ikut dalam penerbangan tersebut.

  • August 27, 2012 at 1:35 PM
    Nia :

    Dear Admin, saya mau tanya nih.. Untuk cashback 10% airasia dengan pembayaran menggunakan kartu debit cimb airasia savers masih berlaku tidak? bagaimana prosedurnya? terima kasih..

  • August 29, 2012 at 3:02 PM

    @nia : saat ini program promo cashback 10% untuk booking online tiket Air Asia diperpanjang sampai 31 Oktober 2012.
    untuk info lebih lengkap silakan klik

    http://norvox.blogspot.com/2012/08/promo-cashback-cimb-niaga-airasia.html

  • May 13, 2017 at 2:16 PM

    Mau Tanya..untuk cc AirAsia bisa Tidak untuk transaksi pembelian barang/makan? Atau hanya khusus pembelian tiket air Asia?

  • January 31, 2018 at 5:01 PM

    “Just when you think it can't get any worse, it can. And just when you think it can't get any better, it can.”

Post a Comment