Saturday, July 10, 2010

Tanda / Ciri Orang Jenius

0 comments



Albert Einstein. Mengapa gambar sang ahli fisika itu yang saya tampilkan dalam artikel ini? Ya, dialah sosok yang identik dengan kata JENIUS, atau bisa dibilang iconnya jenius.

Jenius atau Genius
adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki kecerdasan intelektual / IQ yang tinggi dan seringkali dengan pemikirannya mereka menghasilkan suatu karya yang kreatif dan orisinal yang bahkan tidak terpikirkan sedikitpun oleh kebanyakan orang.

Memang ada banyak versi yang menjelaskan mengenai tingkat atau level IQ (Intellegence Quotient) orang sehingga layak menyandang predikat jenius. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa tanda-tanda atau ciri orang jenius yang bisa kita lihat pada diri orang lain, atau pada diri kita sendiri.

Inilah tanda atau ciri orang jenius yang telah saya rangkum dari berbagai sumber :
  1. Mudah dan cepat menangkap apa yang dibicarakan orang meskipun seolah tidak memperhatikan pembicara (Lebih fokus pada auditory dibanding visualisasi). Cukup beberapa kata kunci yang didengar di awal, seorang jenius sudah mampu memahami seluruh isi materi yang disampaikan orang lain tanpa perlu memperhatikan sampai akhir.
  2. Memiliki kemampuan mengingat dan menghafal yang luar biasa. Seorang jenius dapat menghafal dengan cepat sesuatu yang dilihat dan didengar. Contohnya menghafal nomor telepon teman.
  3. Dapat berkonsentrasi dalam waktu yang lama pada hal-hal yang diminatinya.
  4. Sangat mudah bosan dengan rutinitas atau kegiatan yang tidak diminati. Seorang jenius mudah bosan dengan sesuatu yang sudah pernah dikerjakan atau dikenali.
  5. Tertarik pada hal-hal yang ekstrem. Seorang jenius juga tertarik dengan hal-hal berbau misteri, fantasi, spiritual, magic, mistik dan fiksi (misal UFO, misteri atau dunia Hantu, dsb).
  6. Cenderung melanggar aturan. Seorang jenius lebih suka melakukan hal dengan caranya sendiri dengan berperilaku tidak mengikuti kebiasaan lazim.
  7. Pemikiran orisinil. Seseorang yang jenius mulai dengan pemikiran yang terbuka, teratur, mengambil perspektif-perspektif baru, mampu menguraikan masalah dan menyatukannya kembali dengan cara yang lebih baik.
  8. Mensederhanakan perkara/ problem yang rumit.
  9. Lebih suka bergaul dengan yang lebih tua / dewasa, karena merasa lebih cocok, dengan bahasa dan bahan perbincangan yang belum banyak dipahami anak seusianya.
  10. Suka berfantasi, berinovasi dan membuat sesuatu/ penemuan baru yang belum dipikirkan orang sebelumnya.
  11. Dapat menyelesaikan puzzle yang rumit (semisal Sudoku, rubic atau complex games lainnya) atau soal yang bersifat matematis/angka2 dan mengutamakan logika, dalam waktu yang singkat.
  12. Konvensional dalam hal berbusana. Seorang jenius tidak terlalu memikirkan penampilan.(Lihat Albert Einstein :D).
  13. Punya rasa ingin tahu yang tinggi dan sangat banyak akal. Seorang jenius dapat memecahkan masalah yang bahkan belum pernah dihadapinya dengan cepat karena punya banyak ide untuk mendapat solusinya.
  14. Suka tantangan dan cakap dalam hitung-hitungan (Matematika).
Itulah beberapa tanda atau ciri orang jenius yang saya dapat. Tanda /ciri jenius juga bisa dilihat pada anak-anak kecil. Tanda-tanda bakat anak jenius meliputi saraf otak yang lebih terdepan, memiliki kemampuan lisan dan membaca yang baik, daya tangkap cepat, serta bisa memberikan alasan atas apa yang telah dilakukannya. Contohnya seorang anak mendengar sesuatu yang dikatakan orang tuanya secara cepat, dan dalam beberapa bulan kemudian dia bisa menceritakannya kembali. Kemampuan menguasai banyak bahasa juga merupakan salah satu tanda orang jenius.

Nah, bagaimana dengan anda? apakah termasuk manusia jenius? Jika anda tidak ada dalam tanda-tanda yang disebutkan diatas, jangan berkecil hati dulu. Ingat kata Thomas Alva Edison ,"Jenius adalah 1% inspirasi dan 99% kerja keras". So, let us work hard!!!

0 comments:

Post a Comment