Friday, June 18, 2010

Cara mempercepat koneksi internet (Part 1) edit bandwidth limit

0 comments
Secara teori memang bandwidth tidak bisa ditambah. Bandwidth yang kita terima tidak lebih dari bandwidth yang diberikan ISP (Internet Service Provider) kita. Tapi seringkali kali kita merasa bahwa bandwidth internet kita tidak sesuai dengan paket internet dari ISP yang kita gunakan sehingga koneksi kita jadi lambat. Inilah salah satu penyebabnya.

Secara default, ternyata hampir semua versi windows (2000, XP, Vista, 7) memotong dan memakai sekitar 20% bandwidth kita untuk keperluannya, tidak jelas keperluan yang seperti apa. Disini akan saya berikan langkah-langkah untuk menonaktifkan settingan windows tersebut, agar bandwidth yang kita terima sesuai dengan yang ISP berikan. Tutorial cara mempercepat koneksi dan akses internet berikut berlaku untuk semua jenis operator/ISP baik GSM maupun CDMA (Telkomsel, Indosat, Axis, Smart, XL, dll) dengan cara mengedit bandwidth limit pada gpedit.msc

1. Klik (Start), cari dan pilih Run, ketikkan gpedit.msc

2. Akan muncul windows directory seperti gambar dibawah, buka/double klik Administrative Templates.


3. Pilih Network, kemudian buka QoS Packet Scheduler.

4. Pada panel sebelah kanan, cari setting yang bernama Limit reservable bandwidth, lalu klik dua kali.

5. Akan muncul jendela baru, pilih Enabled dari tiga pilihan yang berbentuk radio button. Pada bagian options bawah, ganti 20 dengan 0 pada bagian Bandwidth limit (%).

6. Klik Apply dan OK.

7. Tutup Group Policy.

Nah, setelah mengedit bandwidth limit yang ada di gpedit.msc, sekarang bandwidth anda bertambah 20% lebih banyak dari sebelumnya, yang artinya koneksi internet anda juga semakin cepat.

Masih kurang puas? Tenang.. karena masih ada kelanjutannya disini http://norvox.blogspot.com/2010/11/cara-mempercepat-koneksi-internet-modem.html

0 comments:

Post a Comment