Monday, September 24, 2012

Cara ganti tabungan mahasiswa menjadi Taplus BNI

1 comments

Bagi mahasiswa yang telah lulus atau akan wisuda, tentu ada persyaratan administrasi yang harus dipenuhi sebagai syarat lulus. Salah satu diantaranya adalah bukti penutupan rekening tabungan mahasiswa. Karena kampus saya bekerja sama dengan BNI, maka saya akan menjelaskan bagaimana cara menutup rekening tabungan mahasiswa di bank tersebut. 

Pertama siapkan fotocopy KSM, KTM, KTP, SKL (Surat Keterangan Lulus) yang telah dilegalisir masing-masing satu lembar. Kemudian pergi ke kantor BNI terdekat -tidak harus kantor BNI yang ada di kampus- selanjutnya ambil nomor antrian ke CS (Customer Service). Tunggu sampai nomor antrian dipanggil. 

Jika sudah dipanggil, bilang ke CS nya kalo ingin menutup rekening. Jika ingin memperpangjang/melanjutkan/mengkonversi tabungan BNI dengan nomor rekenng yang sama juga bisa. Mungkin karena no.rek nya udah kesebar jadi malas ganti nomor rek, seperti saya. Nah, disini ada dua pilihan untuk jenis tabungan sebagai terusan tabungan mahasiswa, yaitu Taplus dan Taplus Muda. Untuk tabungan BNI Syariah tidak bisa dengan nomor rekening yang sama.

Bedanya Taplus dan Taplus Muda terletak hanya pada minimum saldo mengendap. Kalo Taplus Rp 100.000, Taplus Muda Rp 50.000 saldo minimum. Untuk biaya administrasi per bulan sama Rp 10.000. Taplus Muda bebas biaya adm saldo tersisa dibawah saldo minimum, sementara Taplus dikenakan Rp 15.000. Taplus Muda untuk nasabah berusia kurang dari 25 tahun, jadi jika anda termasuk mahasiswa abadi tidak bisa beralih ke jenis tabungan ini.

Setelah itu, anda diminta mengisi formulir penutupan rekening, form pembukaan rekening, dan satu lagi lupa. Capek ngisinya. Terakhir anda diminta membayar biaya tutup rekening sebesar Rp 10.000 secara cash/tunai.

Oya, jika anda melanjutkan tabungannya, maka internet banking, sms banking dan token BNI eSecure anda tetap bisa digunakan. Untuk debit card/ATM nya, anda diberikan dua pilihan kartu, yang instan (tanpa nama) atau yang biasa (dengan nama) dengan waktu tunggu selama 1 minggu.

Sekian sharing saya mengenai pengalaman mengkonversi tabungan mahasiswa menjadi Taplus Muda BNI di BNI cabang ITB. Mudah-mudahan bermanfaat, sukses buat yang mau lulus dan diwisuda..

-->

1 comments:

Post a Comment