Thursday, November 10, 2011

Apa arti OEM?

2 comments
Setelah membaca spesifikasi suatu produk pada salah satu situs diskon, saya menemukan kata yang membuat saya tertarik untuk mencari tahu artinya. Memang sih, tertulis kepanjangannya disitu OEM (Original Equipment Manufacture), tapi kurang puas rasanya kalau tidak searching di mister Google untuk menemukan maksud dan pengertian dari kata tersebut. Tanpa basa basi langsung klik situs yang tampil di page one Google barisan atas, dapatlah arti dari OEM. 

OEM atau “Original Equipment Manufacturer” adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk yang datang satu paket dari produsen. Pengertian OEM secara umum adalah perusahaan yang membuat produk untuk pihak lain untuk dikemas ulang dan jual. Reseller  membeli produk OEM dalam jumah besar TANPA kemasan mahal yang biasanya dipakai dalam setiap produk.
 
Intinya, produk OEM adalah SAMA dengan produk ORIGINAL serupa yang dikemas secara bagus ( Kemasan Ritel ). Istilah OEM banyak dipergunakan dalam industri dan yang paling banyak adalah dalam dunia Industri elektronik ( Laptop, Komputer, Printer, Ponsel, Software dan lainnya ).

Jadi OEM adalah produk ORIGINAL tanpa kemasan mewah. Yang harus diperhatikan dalam membeli produk OEM adalah ketelitian karena banyak sekali produk palsu yang mengaku sebagai ORIGINAL.

Jika OEM mau dikemas sebagai retail, maka di kemasan tersebut harus dicantumkan SKU (Stock-Keeping Unit) dari produk original tersebut baik tipe, model dan pengkodean (SKN, ASY, HDW, barcode dan sebagainya) yang menenjukkan secara spesifik satu produk secara unik, bukannya satu kode yang sama untuk semua tipe dan warna.


sumber : komputer-fix.blogspot.com

2 comments:

Post a Comment