Saturday, September 11, 2010

Tips Cara Cepat Menaikkan Traffic, Visitor atau Pengunjung Blog

13 comments

Visitor atau pengunjung adalah suatu hal yang sangat diinginkan para blogger untuk menaikkan traffic blog nya. Tujuan menaikkan pengunjung pun bermacam-macam, mulai dari meningkatkan earning/pendapatan dari google adsense, iklan, memenuhi syarat minimum traffic untuk mendaftar suatu situs iklan, untuk dijual lagi, sampai sekedar kepuasan pribadi.

Apapun alasannya tingkat pengunjung yang tinggi adalah suatu hal penting yang dituju oleh blogger, webmaster, webdeveloper. Lalu apa saja cara efektif yang harus kita lakukan untuk meningkatkan dan menambah terus visitor ke blog/situs kita? Cukup banyak memang caranya, tapi kalau kita lakukan semua, akan kita rasakan hasilnya beberapa hari kemudian.

Langkah langkah untuk menaikan traffic blog :
  1. Posting secara teratur atau berkala, jika sempat minimal 1 posting setiap hari, karena ini akan membantu Google dan mesin pencari lain untuk mere-indeksnya. 
  2. Optimalkan/gunakan keyword di-title tags Anda dengan yang sering dicari orang melalui seach engine, hal ini akan berpengaruh pada posisi SERP (search engine result page) Google. Untuk langkah-langkahnya dapat dilihat disini Cara Mengganti/Merubah Format Page Title Blogger yang Tampil di Google Search. 
  3. Sediakan fasilitas seperti free download,download game gratis atau sesuatu yang gratis lainnya dengan tujuan menarik perhatian pengunjung. 
  4. Berkunjung dan memberi komentar di blog lain (cantumkan link alamat blog Anda) 
  5. Bertukar link/banner alamat blog (blogroll) dengan blogger lainnya. 
  6. Cantumkan Alamat blog Anda di signature email pada saat Anda mengirim email. 
  7. Daftarkan blogmu di blog direktori, seperti feeburner, technorati , blogdigger.com, dll. 
  8. Submit ke social bookmark: digg, hatedorloved, pixelmo, socialogs, business-planet, swik, folkd, mecozz, linkatopia, quadriot dan masih banyak lagi social bookmark yang lain. Untuk social bookmark lokal : lintasberita dan infogue.
    Jika anda malas untuk mensubmit satu-satu, anda bisa gunakan socialmarker yang mensubmit ke 47 social bookmark sekaligus, namun anda harus punya account social bookmarknya yang ingin anda submit dengan cara register dulu.
     
  9. Submit ke artikel submission : Goarticle.com dan Qassia.com karena prosesnya sangat mudah bisa copy-paste. 
  10. Daftarkan/submit url blog Anda ke search engine yang paling sering diakses orang, yaitu : Google, Buka: www.google.com/addurl. Yahoo, Buka: www.search.yahoo.com/info/submit. 
  11. Iklankan blog Anda di situs-situs penyedia layanan iklan gratis di internet, seperti:http://www.biroiklan.net,http://www.admatters.com, http://www.bursaiklan.com,http://www.biroiklan.net, http://www.iklanbaris.co.id, dll. 
  12. Ikuti berbagai mailing-list kemudian promosikan blogm Anda,contoh mailing list coba kunjungi http://www.egroups.com dan cari topik-topik yang sesuai dengan situs Anda. 
  13. Bangun internal link (anchor text):link dalam satu website/blog dan juga external link:link yang menghubungkan tulisan satu dengan yang lain pada halaman website/blog yg berbeda. 
  14. Promosikan secara lisan/offline,lewat SMS,cantumkan alamat blogmu di kartu nama,sticker,kaos dll
Dan masih banyak lagi teknik-teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan traffic blog Anda yang bisa dilakukan,tapi yang paling effisien dan sudah terbukti (menurut pengalaman ada blogger yang tidak melakukan semua langkah-langkah diatas tapi mampu mendatangkan traffic yang cukup baik) yaitu :
  • Perbanyak posting artikel supaya mudah terindeks search engine (terutama Google). Saya sarankan informasi yang langka (tidak terpikirkan orang lain) dan benar-benar bermanfaat bagi pembaca blog kita. Jangan copy paste! Kalaupun informasinya sama, lebih baik pakai bahasa sendiri (sangat2 berpengaruh pada search engine).
  • Posting dan daftarkan tiap artikel ke social bookmark. 
  • Blogwalking berkunjung dan memberi komentar di blog lain.
Tapi jika anda mau lakukan semua langkah-langkah diatas maka hasilnya tentunya akan jauh lebih baik.

13 comments:

Post a Comment