Tuesday, August 17, 2010

Cara Mengganti/Merubah Format Page Title Blogger yang Tampil di Google Search

6 comments
Kali ini postingan yang akan saya bahas adalah mengenai SEO ( Search Engine Optimization ). Tentu istilah yang tidak asing lagi bagi blogger, tapi ini adalah yang pertama saya buat di blog ini. SEO adalah cara yang dilakukan blogger/webmaster untuk mengoptimasi atau mengoptimalkan blog/website nya dengan teknik/metode tertentu agar halaman/page pada blognya bisa terdeteksi di halaman pertama (page one) pada mesin pencari (search engine), terutama Google search engine.

Dengan cara tertentu kita bisa membuat blog kita nangkring di page one pada Google ketika seseorang mengetikkan keyword (kata kunci) pada search engine paling populer di dunia itu. Salah satu diantaranya adalah dengan mengedit format Page Title agar lebih SEO friendly. Dengan merubah format judul postingan, blog kita akan lebih mudah terindex dan muncul di halaman google search yang kemudian akan menarik dan menambah pengunjung/visitors pada blog kita. Tutorial step by step ini memang tidak jauh-jauh dari mengedit template blogspot/blogspot itu sendiri. Langsung saja kita lihat bagaimana

Biasanya format page title dari blogger kan seperti ini : JUDUL BLOG : JUDUL POSTING, nah agar blog kita lebih disukai oleh google sehingga ujung-ujungnya blog kita jadi rame, kita harus merubah format page title standart itu menjadi seperti ini : JUDUL POSTING | JUDUL BLOG. Caranya cari kode berikut di EDIT HTML ( cara mudahnya di Mozilla tekan ctrl +f lalu copy paste kode dibawah ini):


<title><data:blog.pageTitle/></title>
Kalo udah dapet kodenya hapus dan ganti dengan kode berikut ini :


<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>
Atau kita juga bisa tambahkan beberapa kata kunci ( keyword ) :


<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | Kata kunci sobat | Kata kunci sobat </title>
</b:if>
Ganti kode "kata kunci" dengan keyword yang anda incar. Setelah semua selesai jangan lupa di save template :)

Untuk mengetahui cara cepat meningkatkan pengunjung ke blog kita Klik Disini 

6 comments:

Post a Comment